Kamis, 21 Juni 2012

Cito [Sirpu/Sipon]

Burung sipon memiliki bahasa ilmiah yaitu Common Iora (Aegithina tiphia)  merupakan burung kecil yang dapat kita temukan di sepanjang asia selatan, asia tenggara. populasi burung sipon atau burung sirpu terdapat di daerah tropis, burung sipon ini memiliki variasi bulu. kita dapat menemukan burung sipon ini di semak semak , hutan bambu, dan hutan  tropis, pekarangan rumah, kebun. Burung sipon ini memiliki warna yang cerah dimanan didominasi dengan warna kuning kehijau hijauan, dengan warna sayap didominasi warna hitam dan putih. Burung sipon memiliki suara yang khas dan beragam.

Dalam habitatnya burung sipon hidup dalam kelompok kecil dan sarang burung sipon ini terdapat pada pucuk pucuk pohon ,sarang burung sipon ini memiliki ukuran yang kecil seperti mangkuk yang dirajut dengan sutra laba laba. makanan burung sipon ini adalah  ulat, kroto, dan  serangkecil lainnya.

Di Indonesia kita dapat menjumpai burung sipon ini di pulau sumatera, jawa, bali , kalimantan, dan daerah lainnya.Meskipun populasi burung sipon di indonesia masih cukup banyak tetapi burung ini terancam punah di karenakan perburuan besar besaran burung sipon ini. untuk di jual dipasar pasar harga dari burung sipon itu senditi tidak sepadan dengan keistimewaannya.     

 


Tips Agar Burung Sipon Berbunyi
Setiap kicau mania mendambakan agar burung kesayangannya rajin bernyanyi. tetapi tidak diimbangi dengan perawatan yang baik. Burung sipon berbunyi di karnakan burung sipon tersebut merupakan burung yang sehat, tak hanya sehat saja pola makan dan kebersihan tempat minum, tempat makanan, dan sangkar, serta mandi dan penjemuran yang teratur  merupakan pendukung lainnya.

Pemberian pakan yang teratur merupakan salah satu syarat untuk menambah intensitas burung sipon rajin berbunyi. berilah pakan seperti ulat (jangan sampai telat agar tidak mempengaruhi psikologi burung) , dan kroto atau jangkrik yang teratur. Jangan terlalu diberipakan voer aja. jika hanya diberi pakan voer aja burung sipon jadi malas untuk berbunyi, jika ingin aja burungnya akan berbunyi. Pemberian voer memang enak dalam perawatannya memerlukan biaya yang lebih murah tapi burungnya jadi malas untuk berbunyi. Oh iya pelet ikan yang memiliki kandungan protein yang tinggi seperti PF1000(ngak bermaksud promosi) itu bagus untuk burung sipon sebagai makanan sampingan selain ulat.

Selain pemberian pakan kita juga harus memperhatikan kebersihan tempat minumdan sangkar bersihkan pagi dan sore. mandikanlah burung sipon setiap pagi dan sore hari. Penjemuran lebih baik hanya sampai jam 10.00 .
Cara Membedakan Burung Sipon Jantan dan Betina
 Sebelah Kiri Betina, Sebelah Kanan Jantan
cara memilih burung sipon atau burung sirpu jantan anakan, menurut saya yang membedakan antara burung sipon jantan dan burung sipon betina adalah warna bagian bawah paruhnya yang berwarna hitam / lebih gelap daripada warna paruh bagian bawah betina yang cenderung lebih terang. bentuk kepala jantan kelihatan lebih bulat dan betina kelihatan lebi gepeng / ceper, warna bulu yang burung sipon jantan lebih gelap dibandingkan dengan yang cewek lebih cerah,tapi ada juga yang saya jumpai dipasar burung yang jantan warna bulunya agak kelabu dan paruhnya hitam, berikut ini merupakan gambar burung sipon jantan dan betina anakan.
dan ciri yang lain pada kasus burung sipon ini adalah pada bagian ekor , warna pada bagian ekor ini ada garis yang melintas yang jantan lebih di ujung ekor sedangkan yang betina cenderung lebih dekat dengan pangkal ekor.

pada jenis burung sipon yang lainnya garis yang terdapat pada ekor tidak ada seperti gambar burung sipon jantan dibawah ini ..

Kesetiaan Burung Sipon

Kesetiann burung sipon
Dipagi hari yang cerah ketika aku jalan jalan di sekitar pekarangan rumah nenekku disekitar pohon bambu apus terdengar suara yang khas ditelingaku cet cet ciet taernyata aku menemukan burung sipon atau burung sirpu yang sedang memberi makan adaknya. dipohon bambu apus. lalu aku ambil burung sipon anakan itu ternyata ada tiga anakkan burung sipon. Kemudian aku merawat burung sipon anakan itu. Seminggu setelah pengambilan burung sipon itu saya berkeinginan untuk mengambil kedua indukan burung sipon akhirnya saya pikat dengan menggunakan 1 anakan kumasukkan kedalam sangkar dengan pintu yang terbuka, dan di kasilidi untuk mengganjal pintunya serta dikasi benang. Setelah kedua indukan tertangkap saya bawa pulang. tak lama setelah saya bawa pulang tiba tiba dan saya pertemukan dengan kedua anakan yang lainnya, indukan burung sipo yang satu meninggal, selang kira kira 1 menit burung indukan sipon yang satunya juga meninggal. kemudian diikuti ketiga anaknya. kejadian itu kurang dari 3 menit. Saya keheranan melihat kejadian itu dan dalam batinku sungguh besar kekuasaan Alloh . . . selamat jalan burung sipon maafkan aku.

Cara Merawat Burung Sipon Anakan
kicaumania makanan burung sipon adalah sebagai berikut :
1. jangkrik
2. poor (kalo bahasa jawanya gopur)
3. ulat
4. kroto (Telur Semut)
5. Pisang juga suka lho

cara memberimakan burung sipon anakan.

berilah makan burung zipon kroto, jangkrik, poor .pada usia ini poor hanya diberikan sedikit saja untuk mengenalkan voer pada burung zipon, poor lebih baik diberikan pada pagi hari dan siang hari , jangkrik dan kroto diberikan pada pagi, siang ,sore. pada usia 1 minggu ini pemberian jangkrik sebaiknya dibuang kepala dan kaki jangkrik, kika jangkrik masih besar lebih baik dipotong potong.buang bagian yang dianggap keras sehingga memudahkan burung sipon untuk menelan.

cara mengajari burung sipon makan poor:

campurlah poor dengan sedikit air panas agar poor mengembang/ lembek.kemudian dicampur dengan kroto / jangkrik yang sudah dibuang kaki dan kepalanya.dan taruh pada tempat makan. ketika memberi makan langsung aja diberikan kepada burung sipon dengan menggunakan lidi/ apa...yang dapat mengambil makanan dari tempat makan untuk diberikan ke burung sipon. cara ini digunakan untuk mengajari burung zipon agar cepat makan poor sendiri.

cara yang lain taruh aja ulat / kroto / jangkrik biar makan sendiri.

2 komentar:

  1. makasih info'y mas..

    BalasHapus
  2. makanan tambahan alternatif untuk burung sirpu. Sebagai alternatif pengganti jangkrik, ulat atau serangga hidup lainnya. Klik link di bawah ini utk detailnya

    makanan tambahan alternatif untuk burung sirpu 

    BalasHapus