Jumat, 22 Juni 2012

Burung Prenjak

Tahukah anda apa itu burung prenjak? Burung prenjak adalah burung kecil pengicau dari keluarga Sylviidae yang biasanya hinggap di pohon depan rumah, tanaman pagar atau tanaman yang ada di pekarangan rumah. Burung ini juga memiliki sebutan Cinenan Jawa, atau ada juga yang menyebutnya manuk cemblek, karena suaranya yang berbunyi "cemblek cemlir". Orang Inggris menyebutnya Olive-Backed Tailorbird. Nama latinnya adalah Orthotomus sepium. Burung cantik dengan suara nyaring ini merupakan hewan endemik pulau Jawa dan Bali.

Sepasang burung prenjak memiliki kicau yang sangat indah dan bersahut-sahutan. Kicau burung prenjak terdengar sangat keras dan riang, oleh karena itu jika sepasang burung prenjak sedang berkicau bersama maka akan menjadikan suasana di sekitarnya tampak riang gembira.
Burung ini memakan serangga, ulat pohon dan belalang kecil yang biasanya merusak tanaman. Mereka berkembang biak setiap sekitar 3 bulan sekali dengan 2-4 telur yang menghasilkan sepasang hingga dua pasang prenjak muda.
Sarang Burung Prenjak
Mereka membuat sarang yang sangat unik dengan merajut sekumpulan sampah ringan dan menempelkan diantara dua lembar daun pohon yang masih hidup dan kemudian melipat daun segar tersebut untuk membungkus sarang dengan menggunakan air liur mereka, kemudian memberinya sebuah lubang kecil di bagian atas sarang sebagai akses keluar masuk.
Biasanya mereka bersarang di pohon kecil atau tanaman pagar di sekitar rumah, serta di semak belukar. Sarang yang terbungkus oleh daun hidup itu sekilas tidak tampak bahwa itu adalah sarang burung prenjak, dan ini merupakan sistem perlindungan terhadap ancaman predator dengan menggunakan kamuflase alami yang sangat sempurna dan mengesankan.

Sepasang induk burung prenjak akan memberi makan serta mengasuh anak-anaknya secara bergantian hingga mereka dewasa. Setelah dewasa mereka akan keluar dari sarang untuk belajar berburu dan beradaptasi dengan lingkungan. Keluarga burung ini akan tidur bersama pada malam hari dengan berderet di atas ranting yang kecil. Jika sedang tidur mereka tampak rukun dan sangat bahagia.

Jika anak-anak mereka ditangkap oleh manusia, maka kedua induk akan terus mengikutinya kemana saja anaknya dibawa pergi, dan mereka akan terus menyuapi anak-anaknya melalui celah yang terdapat pada sangkar burung. Kedua induk akan menyerang siapa saja yang mencoba mendekati anak-anaknya dengan beterbangan sambil meneriakkan kicauan yang mengancam. Induk burung prenjak akan terus menjaga keselamatan anak-anaknya walaupun hal tersebut mempertaruhkan keselamatan diri mereka sendiri.

Burung prenjak adalah petugas alami pembersihan hama ulat tanaman. Burung prenjak menghiasi alam dengan mempersembahkan nyanyian riang yang menciptakan suasana gembira. Mereka adalah perajut sarang yang tekun dan ulet, sarang mereka sangat unik serta aman dan mengesankan. Mereka adalah pelindung dan pengayom anak-anaknya yang gigih dan berani. Burung prenjak yang berkicau di halaman rumah akan menambah suasana meriah dan menyenangkan.

Siapakah yang telah menciptakan dan merancang burung prenjak hingga memiliki keistimewaan sedemikian mengagumkan itu? Dialah Allah yang maha perkasa lagi maha bijaksana. Dialah yang telah menciptakan seisi langit dan bumi.

“Dan apakah mereka tidak memperhatikan kerajaan langit dan bumi serta segala sesuatu yang diciptakan Allah.” (al-A’raaf: 185)

“Dan Allah telah menciptakan semua jenis hewan dari air.” (QS. An Nuur : 45)

Dialah Allah, Yang Menciptakan, Yang Menjadikan, Yang Membentuk Rupa. Baginya nama-nama terbaik. Semua yang ada di langit dan bumi mengagungkan-Nya. Dialah Yang Maha Kuasa, Yang Maha Bijaksana (QS Al Asyr: 24).
Sumber: aliferza.blogspot.com

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar