Sabtu, 24 Maret 2012

Murai Batu Sang Penyanyi Merdu

Murai Batu Sang Penyanyi MerduBurung Murai Batu yang memiliki ciri khas ekor panjang dan ketika berkicau ekornya serta merta dihentakkan ke atas dan ke bawah. Murai Batu ini terdiri dari beberapa nama sesuai dengan asal burung tersebut. Konon menurut para pakar burung bahwa burung murai batu asal Medan Sumatera yang menjadi favorit para penghobies burung murai ini. Namun sekalipun burung tersebut berasal dari Medan tidak menjamin bahwa burung tersebut adalah burung yang bagus karena semua itu tergantung dari bawaan burung tersebut atau katuranggan. Ciri khas Murai Batu Medan menurut pakar burung adalah ukuran body lebih besar dari, ekor lebih panjang dan pada ujung ekornya biasanya akan mengarah kebawah bila sudah panjang. Variasi lagu lebih banyak dari jenis murai batu lainnya. Hal yang paling mudah dilihat apabila burung tersebut sudah dewasa. Bila masih piyikan memang agak sulit membedakannya.

Mengenai suara burung ini memang sungguh enak di dengar. Tak hanya siang hari, malam hari saja bila sang murai batu ini berkicau sungguh kicauannya amat merdu. Burung ini dalam pemeliharaannya tidak terlepas dari kroto yang merupakan makanan pokok, dan untuk extra fooding biasanya diberikan : jangkrik, kelabang, belalang serta ulat. Konon bila pasokan kroto kurang maka burung ini akan malas bunyi. Burung ini cocok di dareah yang beriklim panas. Untuk proses penjemuran burung murai ini biasanya disesuaikan dengan kebiasaannya. Sekalipun ia tahan terhadap cuaca panas namun bukan berarti ia akan bertahan apabila seharian dijemur.

Bersihkan kandang setiap hari dan jangan lupa untuk mengganti makanan serta air minum yang terdapat dalam sangkar burung tersebut. Hal ini berguna demi kesehatan burung dan kita sebagai pemilik burung tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar